https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Akses Jalan Makin Parah, PalmCo Perbaiki Jalan di Tiga Desa Rohil

Akses Jalan Makin Parah, PalmCo Perbaiki Jalan di Tiga Desa Rohil

Truk menurunkan material untuk memperbaiki jalan rusak penghubung tiga desa di Rokan Hilir. foto: dok. PT Perkebunan Nusantara III

Pekanbaru, kabarsawit.com - Tiga desa di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, hampir sepenuhnya terisolasi karena akses jalan utama rusak parah akibat hujan lebat yang berlangsung sejak akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024.

Ketiga desa tersebut adalah Kepenghuluan Tanjung Medan Barat dan Kepenghuluan Pondok Kresek di Kecamatan Tanjung Medan serta Kepenghuluan Murini Makmur di Kecamatan Bagan Sinembah.

Jalan-jalan yang rusak parah tidak dapat dilalui selama beberapa hari. Para petani kelapa sawit tidak dapat mengirimkan hasil panen tandan buah segar (TBS) mereka ke pabrik pengolahan, yang hampir melumpuhkan kegiatan ekonomi.

Menanggapi situasi ini, PTPN IV Palmco Regional 3 (sebelumnya PTPN V) mengirimkan tim dan alat berat untuk memperbaiki jalan.

"Alhamdulillah, perusahaan turut berpartisipasi dengan memberikan bantuan sebesar Rp 145,5 juta dalam program tanggung jawab sosial terhadap lingkungan (TJSL) untuk memperbaiki akses jalan utama bagi warga tiga desa," ujar Kepala PTPN IV Palmco Regional 3 Rurianto pada Jumat (26/1).

Menurut Rurianto, manajemen Kebun Tanjung Medan, Palmco Regional 3, yang berbatasan langsung dengan tiga desa tersebut, telah berkoordinasi langsung dengan aparat pemerintahan desa setempat mengenai kondisi jalan di wilayah tersebut. Hasilnya, PTPN IV bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain yang beroperasi di Rokan Hilir melakukan rehabilitasi jalan utama yang juga merupakan akses menuju pusat perekonomian di Bagan Batu.

“Kami bersyukur niat baik kami disambut baik oleh pemerintah desa. Teman-teman dari Perkebunan Tanjung Medan saat ini sedang bekerja keras untuk memperbaiki jalan desa,” tuturnya.

Sekretaris perusahaan dan pengacara PalmCo Regional 3, Andiansyah Hamdani, menambahkan bahwa donasi yang diberikan telah dikonversi menjadi material seperti batu gunung, batu petrun, dan batu sirtu. PalmCo juga mengerahkan tiga unit alat berat ke lokasi perbaikan dan peningkatan jalan.

“Tim kami yang diperkuat dengan ekskavator, bomax, dan grader bekerja di sana, Alhamdulillah, dan kami terus melanjutkan pekerjaan perbaikan dengan dukungan dari seluruh perangkat desa dan masyarakat,” sebutnya.

Pengulu Pondok Kresek, Beni Fristiwadi, mengucapkan terima kasih kepada PTPN IV PalmCo Regional 3 atas keputusan cepat dan peran proaktif mereka. Ia berharap proses renovasi berjalan lancar sehingga roda perekonomian masyarakat yang sempat terhenti dapat segera berputar kembali.

“Atas nama masyarakat desa, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu perbaikan dan peningkatan jalan desa kami. Khususnya kepada PTPN IV Palmco Regional 3 yang tidak hanya memberikan bantuan, tapi juga tenaga kerja dan alat berat," pungkasnya.