https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Update NIK Karyawan Perusahaan Sawit PT Buana Karya Bhakti

Update NIK Karyawan Perusahaan Sawit PT Buana Karya Bhakti

Petugas Disdukcapil menvalidasi data kependudukan karyawan perusahaan sawit. foto: MC Kalsel

Banjar Baru, kabarsawit.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kalsel memfasilitasi validasai NIK dan update data kependudukan di perkebunan kelapa sawit di PT Buana Karya Bhakti di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kegiatan ini, Disdukcapil Kalsel melalui Bidang Dafduk dan PIAK juga bekerja sama dengan Disdukcapil Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Laut, dan Kota Banjar Baru dengan mengirimkan 15 orang.

Zulkifli, Kepala Disdukcapil Kalsel, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai respon atas keluhan karyawan perusahaan kelapa sawit mengenai kelengkapan dokumen kependudukan.

"Kegiatan ini diinisiasi oleh PT Buana Karya Bhakti karena adanya keluhan karyawan dan permasalahan terkait keterbatasan dalam pembuatan buku rekening bank, BPJS Ketenagakerjaan dan laporan pajak tahunan," kata Zulfikli, dalama keterangan resmi Diskominfo Kalsel, Sabtu (11/5).

Zulkifli berpendapat bahwa verifikasi NIK, sinkronisasi, dan update data NIK diperlukan bagi perusahaan-perusahaan di daerah untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan hak dan kewajiban karyawan, seperti batas usia pensiun.

“Di hari pertama, kami berhasil memvalidasi data sekitar 82 orang. Hari berikutnya kami berhasil memvalidasi data 187 orang, dengan total 269 orang,” jelasnya.