https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

Meriahnya Festival Layangan di Kebun Sawit

Meriahnya Festival Layangan di Kebun Sawit

Festival layangan di Desa BP I, foto : ist

Bengkulu, kabarsawit.com - Lomba menerbangkan layang-layang yang diadakan di area perkebunan kelapa sawit di Desa Dusun 5, Bukit Paninjauan (BP) 1, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu, diikuti oleh para petani kelapa sawit dari Kabupaten Seluma dan sekitarnya.

Kepala Desa BP I Suheri mengatakan bahwa lomba menerbangkan layang-layang ini menarik banyak perhatian warga. Sekitar 3.000 orang berkumpul di persawahan dan kebun kelapa sawit untuk menyaksikan festival menerbangkan layang-layang. Suheri menuturkan festival ini diselenggarakan atas inisiatif warga dan organisasi pemuda setempat.

“Kami senang ratusan orang berpartisipasi dalam festival ini. Petani kelapa sawit, pejabat pemerintah, semuanya berpartisipasi dalam festival menerbangkan layang-layang ini," ujarnya pada hari Senin (13/11).

Ia mengatakan selain warga setempat, peserta juga berasal dari daerah lain seperti Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara. "Jumlah pengunjung dan peserta di luar dugaan. Apalagi banyak peserta dari daerah lain yang membawa banyak suporter," tambahnya.

Ini merupakan kali ketiga festival layang-layang digelar. Sebelumnya, festival ini diadakan pada bulan Agustus dan September lalu, menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78. “Namun kali ini, jumlah peserta melebihi ekspektasi kami, mungkin karena hadiah kali ini lumayan besar, yaitu sapi Bali,” sambungnya.

Suheri berharap antusiasme masyarakat terhadap festival ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun. "Kami berharap kesuksesan festival ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam memanfaatkan lahan kosong dan melibatkan masyarakat sekitar dalam kegiatan yang positif.

“Kami berharap kesuksesan festival ini dapat menjadi contoh bagi komunitas lain dalam memanfaatkan lahan kosong dan melibatkan seluruh masyarakat dalam kegiatan positif,” tutupnya.