https://www.kabarsawit.com


Copyright © kabarsawit.com
All Right Reserved.

SISKA akan Kembali di Implementasikan di Sumut

SISKA akan Kembali di Implementasikan di Sumut

Caleg terpilih untuk DPRD Sumut dari Partai Gerindra, Aripay Tambunan, komitmen memperjuangkan SISKA.

Medan, kabarsawit.com - Penerapan sistem integrasi sawit dan kelapa sawit terintegrasi (SISKA) akan diperjuangkan kembali oleh Aripay Tambunan, calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Sumatera Utara.

"Saya akan memperjuangkan implementasi SISKA segera setelah saya dilantik menjadi anggota DPRD Sumut sekitar bulan September atau Oktober 2024," kata Aripay Tambunan, Kamis (28/3) malam.

Caleg Partai Gerindra ini mengatakan hal itu usai menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Sawit Unggul (KSU) Sejahtera yang dipimpin oleh Gus Dalhari Harahap di Oke Kupi, Jalan Sei Asahan, Medan.

Kebetulan, Gus Dalhari Harahap dan Aripay Tambunan adalah pengurus DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumatera Utara. Gus adalah ketua dan Aripay adalah wakil ketua.

Aripay percaya bahwa sudah sewajarnya seluruh perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara memperjuangkan pemulihan SISKA. Hal ini karena SISKA sebenarnya diatur oleh peraturan daerah (Perda).

“Pada periode lalu, ketika saya menjadi anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), saya juga memperjuangkan SISKA. Pada periode ini (2019-2024), saya tidak akan mencalonkan diri sebagai caleg,” tuturnya.

“Antara tahun 2024-2029, saya akan perjuangkan agar perusahaan-perusahaan kelapa sawit mau menandatangani kontrak dengan SISKA," tambahnya.

Aripay berjanji untuk melobi gubernur Sumatera Utara dan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) sebagai produk hukum turunan dari perda SISKA yang sudah ada.

Menurutnya, SISKA akan memaksa pemerintah Indonesia untuk berhenti mengimpor sapi dan menjadi swasembada sapi.

Ia juga yakin bahwa SISKA akan dapat mengimplementasikan program makanan dan susu gratis yang diusulkan oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumin Raka selama pemilihan presiden.

“Perusahaan-perusahaan kelapa sawit tidak memiliki alasan untuk menolak mengimplementasikan SISKA. Semua partai politik harus mendukung apa yang baik untuk bangsa dan negara Indonesia, termasuk implementasi SISKA," ujar Aripay Tambunan.